Halaman

STMIK Amikom Jogjakarta Pecahkan Rekor MURI

Diposting oleh Unknown on Senin, 05 Maret 2012

PENDIDIKAN
09 Februari 2011

Karya ICT STIMIK Amikom Pecahkan Rekor Muri
YOGYAKARTA - Sebanyak 160 karya mahasiswa STMIK Amikom Yogyakarta di bidang ICT (information and communication technology) memecahkan rekor Muri. Karya-karya yang digelar di kampus, Selasa (8/2) ini tercatat menjadi rekor ke 4.737 sebagai pameran ICT dengan jenis terbanyak. ”Setelah kami memantau pameran, ternyata mereka bisa memenuhi 160 karya seperti permintaan kami. Secara umum penilaian ini berdasarkan atas kategori superlatif atau paling banyak. Tetapi sebenarnya, setelah kami mengkaji satu per satu banyak karya yang layak direkorkan dari sisi penemuan atau inovator,” kata Senior Manager Muri, Paulus Pangka, seusai menilai karya.

Karya-karya inovatif yang dimaksud Paulus antara lain sensor penghitung orang masuk ruangan, tester remote, dan multitouch pad. Selain itu karya-karya ICT yang dipamerkan sangat aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya alat pendeteksi kebocoran gas LPG untuk meningkatkan keamanan penggunaan gas di rumah tangga.

Di samping produksi karya mahasiswa, Paulus juga menilai spirit wirausaha STIMIK Amikom juga berpotensi direkorkan. Menurut Ketua STIMIK Amikom Prof Dr M Suyanto, pihaknya sangat mendorong kewirausahan pada mahasiswanya. ”Kami targetkan 20% alumni menjadi pengusaha. Kami menanamkan kepercayaan diri, dan yang terpenting merangsang mereka melukis cita-cita,” tegasnya.
Percontohan Karena itu, acara pameran ICT yang semula sebatas sebagai pemenuhan tugas kuliah, kini dikemas lebih profesional dan terbuka. ”Alasannya, karya ICT yang sangat mendukung industri kreatif itu adalah bidang yang perkembangannya paling pesat. Jika industri manufaktur perkembangannya hanya dua kali lipat, industri kreatif bisa berkembang rata-rata empat kali lipat,” jelasnya.

Prof Dr Suyanto menambahkan, saat ini prestasi STIMIK Amikom di bidang ICT sudah diperhitungkan, karena merebut nominasi dalam ajang internasional seperti ASEAN Development Citra Award (APICTA) dan Urbanimation International Festival Award, serta prestasi nasional dalam Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA). Tidak hanya itu, STIMIK Amikom pun mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai perguruan tinggi percontohan yang menghasilkan SDM berkualitas global, berjiwa wirausaha, profesional di bidang ICT. (H50,D19-75)

sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search