Halaman

pemicu terjadinya migrain

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 10 Maret 2012

Migrain atau nyeri kepala sebelah, adalah satu jenis penyakit yang bisa muncul secara tiba-tiba. Penyakit ini kebanyakan didominasi kaum wanita.

Berdasarkan data, sebanyak 25% wanita dan 10% pria di seluruh dunia mengidap migrain. Bagaimana pun, migrain bisa mengganggu aktifitas bekerja dan dapat menurunkan produktivitas bekerja atau membuat emosi menjadi labil.

Meskipun tidak ada penyembuhnya, pengobatan medis dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan migrain. Jika pengobatan tidak berhasil untuk anda pada masa yang lalu, lebih baik berbicara pada dokter anda untuk mencoba pengobatan medis yang lain.

Obat yang tepat dipadu dengan kepedulian terhadap diri sendiri dan perubahan gaya hidup dapat membuat perubahan yang dahsyat.

Nah, seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa faktor utama pemicu terjadinya serangan migrain.

Hormon

Penyebab migrain pada wanita sering dikaitkan dengan terjadinya fluktuasi hormon. Wanita jauh lebih sering terkena migrain daripada pria karena fluktuasi hormon ini.

Sebagian besar wanita yang mengalami serangan rutin migrain, mengatakan bahwa mereka mengalami migrain tepat sebelum atau sesudah periode bulanan mereka.

Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat penurunan hormon estrogen pada wanita dapat menyebabkan migrain.

Wanita yang akan mengalami menopause dan memiliki kadar estrogen yang rendah mungkin akan mengalami sakit kepala yang cukup parah.

Stres

Stres telah diketahui menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Jam kerja yang panjang, terutama bekerja dengan komputer, kerja fisik yang berat, atau tekanan pekerjaan bisa menjadi pemicu migrain.

Penderita migrain mengatakan bahwa mereka sering mengalami migrain ketika akhir pekan. Relaksasi adalah kunci utama untuk mencegah migrain dalam kasus ini.

Genetik

Diduga adanya kaitan yang erat antara genetik dengan terjadinya migrain. Sebagian besar penderita migrain mempunyai riwayat keluarga yang juga mengalami migrain. Sebagian besar penderita migrain masih berusia muda.

Makanan

Salah satu penyebab utama disinyalir adalah jenis makanan tertentu. Ada beberapa jenis makanan yang telah diidentifikasi sebagai makanan yang dapat memicu terjadinya migrain.

Beberapa penderita migrain biasanya kurang toleran tehadap makanan seperti keju, coklat, dan jeruk. Kopi dan makanan yang mengandung kafein juga dapat memicu terjadinya migrain.

Selain itu, makanan Cina yang mengandung monosodium glutamat dan pemanis buatan Aspartam yang ditemukan dalam minuman dan makanan diet, juga bisa menyebabkan migrain.

Benarkah Mandi Sehabis Begadang Dapat Menyebabkan Kematian?! sikin yolan November 23, 2010155 8 begadang jangan begadang Benarkah Mandi Sehabis Begadang Dapat Menyebabkan Kematian?! Buat yang suka begadang, pasti tahu kan kalau begadang sangat tidak baik buat kesehatan. Bahkan kurang tidur bisa menyebabkan kematian, di tambah lagi kalau setelah begadang langsung mandi. Katanya bisa kena “Masuk Angin Stadium 5″ loh! Dampak kurang tidur dan mandi setelah begadang bisa menyebabkan kematian. Selain itu, kalau mandi sehabis begadang juga beresiko terkena paru-paru basah dan “Angin Duduk” yang bisa berakibat fatal, bahkan meninggal mendadak. Habis mandi lemes, pusing terus tidur tapi tidak bangun lagi, serem kan..? Penjelasan Tubuh kamu yang begadang itu sebenarnya melakukan banyak aktivitas yang seharusnya pada waktu itu harus segera di istirahatkan. Karena banyak aktivitas yang terjadi di dalam tubuh kita, tanpa kita sadari terjadi pemanasan dari dalam tubuh kita. Nah, bayangkan kalau dari suhu tubuh yang panas tiba-tiba disiram dengan air di pagi hari yang suhunya jauh lebih dingin ketimbang suhu tubuh kamu, apa yang akan terjadi? Penurunan suhu tubuh yang sangat drastis dan spontan, sedangkan tubuh kita tidak dirancang untuk itu. Kejadian itu mempunyai logis yang sama halnya dengan “Terjun dari ketinggian yang menggunakan parasut” dan “Terjun tanpa menggunakan parasut”. Bisa membayangkan apa akibatnya, sangat jauh berbeda bukan? Makanya sangat disarankan untuk tidak langsung mandi sesaat setelah begadang, karena dapat membahayakan untuk kondisi tubuh.

Read more at http://uniqpost.com/10819/hati-hati-mandi-sehabis-begadang-bisa-menyebabkan-kematian/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Search